Pages

Minggu, 08 Maret 2015



LaporanFisiologiTumbuhan
ESTIMASI WATER POTENSIAL DENGAN METODE SHARDAKOV
OLEH :
KELOMPOK 1
Nama                             NIM
Cut ZarraFazia               1305101050094
MaulidaAriandy S.        1305101050026
SaputriPhonna               1305101050039
AndiFahreza                  1305101050094
RouzatulNafisah            1305101050128

LABORATORIUM FISIOLOGI TUMBUHAN
PRODI AGROTEKNOLOGI
FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
DARUSSALAM – BANDA ACEH
2014

1.PENDAHULUAN

A.    LatarBelakang
Water Potensialadalahjumlah air yang terkandungdalamsuatuselataujaringantumbuhan. Suatuselataujaringandikatakanmemilikipotensial air tinggijikamemilikikadar air tinggi. Untukmengetahuiarahdanpergerakan air di dalamjaringantumbuhan, harusdiketahuiterlebihdahulupotensial-potensial air padatiap sel.  Air akanbergerakdaritempatberpotensialtinggiketempatberpotensiallebihrendahhinggaterjadikeseimbangandiantarakeduanya. Sel yang mendapatkantambahan air akannaikturgiditasnya, dantekananturgornyamenjadibesar pula. Dengandemikian, makapotensial air dalamseljugaakannaik. Jikatanamanmengalamikehilangan air cukuptinggi, makapotensialseldanjaringanakanturundanmemungkinkantumbuhanmengalamidefisit air.
Peranan air sebagaipelarutinipentingsekaliartinyabagikehidupantumbuhan.Strukturmolekul protein danasamnukleatdapatberlangsungkarenaadanya air di sekitarnya.Pengambilanataupengeluaran air olehsuatuselterjadimelalui osmosis, yaitutransporpasif air melewatimembransemipermeabel.Dalamkasusselhewan, sudahcukupbagikitajikakitatahuapakahlarutanekstraselulerituhipotonikatauhipertonikterhadapcairansel; air akanbergerakakibat osmosis dariarahhipotikkehipertonik. Akan tetapidalamkasusseltumbuhan, kehadirandindingselmenjadifaktorkedua yang mempengaruhi osmosis tersebut.
Penentuan water potensialdapat pula dilakukandenganmetodeshardakov, caraini relative lebihmudah, akuratdanmudahditerapkandilapangan. Perhitungannilai water potensialdenganmetodeshardakovinididasarkan  padaperubahankonsentrasilarutanakibatadanyapenyerapanlarutanolehjaringan yang direndamdidalamlarutan. Dalammetodeshardakov, gerakanpartikel – partikelzatterlarutdarijaringan/ larutandiabaikan.

B.     Hipotesa
Konsentrasilarutan yang lebihrendahakansulit di serapsedangkan yang konsentrasi yang tinggidapatmudahterserap.





2.TINJAUAN PUSTAKA
            Potensial air adalahpotensialkimia air dalamsuatu system ataubagian system.Dinyatakandalamsatuantekanandandibandingkandenganpotensialkimia air murni (jugadalamsatuantekanan) padatekananatmosferdanpadasuhusertaketinggian yang samapotensialmurniditentukansamadengan nol. Faktor-faktorpenghasil gradient yaitukonsentrasiatauaktifitas, suhu, tekanan, efeklarutanterhadappotensialkimiapelarut, matriks. Mengukurmetode air denganmetode volume jaringan, metode chordate, metodetekananuap (Salisbury dan ross, 1995).
Hubunganantarpotensial air adalahdenganmelibatkanperistiwaosmosekarenaosmosemerupakandifusi air melintasimembransemipermeabeldaridaerahdimana air lebihbanyakkedaerahdengan air yang lebihsedikit . Osmosis sangatditentukanolehpotensialkimia air ataupotensialair , yang menggambarkankemampuanmolekul air untukdapatmelakukandifusi. Sejumlahbesar volume air akanmemilikikelebihanenergibebasdaripada volume yang sedikit, di bawahkondisi yang sama. Energibebaszuatuzat per unit jumlah, terutama per berat gram molekul (energibebas mol-1) disebutpotensialkimia. Potensial kimia zat terlarut kurang lebih sebanding dengan konsentrasi zat terlarutnya. Zat terlarut yang berdifusi cenderung untuk bergerak dari daerah yang berpotensi kimia lebih tinggi menuju daerah yang berpotensial kimia lebih kecil (Benyamin,2011).
Selainitu,adalagihubungannyaantarapotensial air adalahdenganmelibatkanperistiwa osmosis karena osmosis merupakanperistiwadifusidimanaantara 2 tempattersedianyadifusidipisahkanolehmembranatauselaput. Makadapatdiartikanbahwadindingselataumembranprotoplasmaadalahmerupakanmembranpembatasantarazat yang berdifusikarenapadaumumnyaseltumbuh-tumbuhantinggimempunyaidindingselmakasebagianbesar proses fitokimiadalamtumbuh-tumbuhan adalahmerupakan proses osmosis.Osmosissangatditentukanolehpotensial air yang menggambarkankemampuanmolekul air untukdapatmelakukandifusi (Tim FisiologiTumbuhan, 2009).
           







3.METEDELOGI PERCOBAAN

A.    TempatdanWaktuPercobaan
TempatPercobaan             : di LaboratoriumFisiologiTumbuhan, Gedung Type B,Lantai II
WaktuPercobaan              : Kamis,  27Februari 2014, pukul : 14.00 WIB

B.BahandanAlat
Bahan              : Kentang (Solanumtubesorum),Bubukmetylenblue,Larutansukrosa 1 M
Alat                 : Tabungreaksi,tempattabungreaksi,gelaspiala,corongkacadanpisau

C.    MetodeKerja
Adapuncarakerjanyaadalah :
1. Insrukturtelahmenyediakanlarutansukrosa (standart) dengankonsentrasi 1 M .
2. Dari larutansukrosaini,buatlah 2 serilarutandalamtabung-tabungreaksi yang telah disediakanmasing-masing : 0,05 M; 0,10 M; 0,15 M; 0,20 M; 0,25 M; 0,30 M; 0,35 M; 0,40 M; 0,45 M; 0,50 M sebanyak 20 ml. Beri label padasetiaptabungsesuaidengankosentrasinya .
3.Ambillahsedikitbubuk methyl blue (secukupnyasajauntukmemberikanwarna) danmasukkankedalamseri 1 larutansukrosa (10 tingkatankonsentrasi )
4.Denganpisau yang telahtersedia,buatlahpotongan-potongandarikentang yang telahtersedia.Hindarievaporasidaripotongankentangini (tutuplahdengancawan petri).Masukkanpotongankentangdenganlebar 0,5 cm danpanjang 3 cm sebanyakpotongtiaptabunglarutan yang telah di warnai.Tutupdengankertasaluminiumdanbiarkanselama 2 jam.
5.Denganbantuan pipet Pasteur yang telahtersedia,ambillahlarutanberwarnadarimasing-masingkonsentrasi yang berisipotongankentang.Denganekstrahati-hatidanpelan-pelan,masukkanujung pipet hinggabagiantengahlarutan control sesuaidengantingkatkonsentrasinya.Lepaskan 1 teteslarutanberwarnatersebut.
6.Amatilah,larutan control mana yang tetesanwarnanyatidakbergeserkeatasataukebawah,berarti water potensialnyasamadengan sample anda. Konversikannilaikonsentrasilarutan control inidengannilai water potensialsukrosadalam table yang di sediakanberdasarkan A. Ursprungdan G. Blum (1916)
D.HasildanPembahasan
MenghitungPotensial Air JaringandengancaraChardakov.
No.
KonsentrasiLarutanSukrosa
Pergerakanlarutanberwarna
Kondisikentang di dalamlarutanberwarna
1
0,05 M
Tenggelam
Menyerap
2
0,10 M
Tenggelam
Menyerap
3
0,15 M
Tenggelam
Menyerap
4
0,20 M
Tenggelam
Menyerap
5
0,25 M
Tenggelam
Menyerap
6
0,30 M
Mengapung
TidakMenyerap
7
0,35 M
Mengapung
TidakMenyerap
8
0,40 M
Mengapung
TidakMenyerap
9
0,45 M
Mengapung
TidakMenyerap
10
0,50 M
Mengapung
TidakMenyerap

Pembahasan.
            Dari data percobaan yang di lakukandiatas,kitadapatmelihatdenganjelasperbedaandarisetiaplarutan yang masing-masing di masukkanumbikentang.Apabilakentang yang telah di masukkankedalamlarutansukrosa yang telah di campurkanmetylen blue dan di diamkanselama 2 jam,lalu di ujidenganmeneteskannyakedalamlarutansukrosa yang tidak di campurkanmetylenblue,makanakanterlihathasilnya.
            Tabel di atasmenunjukanlarutansukrosa yang konsentrasinya 0,05 M sampai 0,25 M mengalami proses yang berbedadenganlarutansukrosa yang konsentrasinya 0,30 M sampai 0,50 M .Padakonsentrasilarutan yang 0,05 M – 0,25 M.diteteskankelarutansukrosa yang tidak di campurdenganmetylenblue,tetesannya tenggelam.Ini menunjukanbahwakentang yang di masukkankedalamlarutan yang di campurolehmetylen blue padakonsentrasitersebutmenyeraplarutantersebut.
            Sedangkanlarutan yang konsentrasinya 0,30 M sampai 0,50 M mengalamihal yang sebaliknya.Ketikalarutansukrosapadakonsentrasitersebut yang di campurkandenganmetylen blue lalu di teteskankelarutansukrosa yang mengalamikonsentrasi yang sama,maka yang terjadiadalahtetesanitumengapungdiataspermukaanlarutansukrosa tersebut.Ini menunjukanbahwakentang yang di celupkanpadalarutandengankonsentrasitersebuttidakmenyeraplarutansukrosatersebut.
            Dari sini bias di lihatperbedaan yang sangatmencoloktentang water potensialmenggunakanmetodeshardakov.Walausederhana,metodeinisangatlahmudahdantepatuntuk di gunakanmengukur water potensial.Sehinggadapatdenganmudahmelihatperbedaannyadandapatmengetahuipentingnya air bagiseltumbuhan.
E.Kesimpulan
            Dari percobaan yang telah kami lakukandapat di simpulkanbahwa :
1.Sebagianbesarpenyusundaribagiantumbuhansalahsatunyadaunadalah air.
2.Airsangat di butuhkandalam proses fisiologitumbuhan,contohnyasajarespirasi.
3.Metodeshardakovsangatlahmudahuntukditerapkandenganhasil yang tidakmengecewakanuntukmengukur water potensial.
4.Padakonsentasi yang larutansukrosa yang rendah,seltumbuhanmenyeraplarutan.Sedangkanpadakonsentrasi di atas 0,25 M,seltidakmenyeraplarutantersebut.
5.Padaintinya,waterpotensialjugaberhubungandengantekanan osmotic.

F.Saran
            Usahakanpercobaaninidilakukandengantelitidanhati-hati,agarhasil yang di tunjukansesuaidengan yang kitaharapkan.













DAFTAR PUSTAKA
Benyamin, Lakitan.2011.Dasar-dasar FisiologiTumbuhan.Jakarta: RajawaliPers
Salisbury, F.bdan Ross, C.W.1995.FISIOLOGI TUMBUHAN jilid 1 edisi IV alihbahasaLuqman, RR danSumaryono.Penerbit ITB. Bandung.
Tim dosenFisiologi Tumbuhan.2013.Panduan PraktikumFisiologiTumbuhan.Lampung:IAINRadenIntanBandarlampung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar