Pages

Minggu, 08 Maret 2015

Laporan Biokimia ( Uji Iodium )



Laporan Praktikum Biokimia.

                                                UJI IODIUM
                                                Disusun oleh:
                                                Kelompok V
Elwanda Farisz Ammar                        1305101050012
Frara Efeseli Fakhdian                          1305101050013
Andi Fahreza                            13051010500
Muhammad Asdhani               1305101050202
Maulida Ariandy S                   13051010500


                                                           
                                                     




PRODI AGROTEKNOLOGI
FAKULTAS PERTANIAN,UNIVERSITAS SYIAH KUALA
BANDA ACEH-DARUSSALAM
2014
I.PENDAHULAUN
1.1 Latar belakang
            Karbohidrat sangat akrab dengan kehidupan manusia. Karbohidrat adalah adalah sumber energi utama manusia. Contoh makanan sehari-hari yg mengandung karbohidrat adalah pada tepung, gandum, jagung, beras, kentang, sayur-sayuran dan lain sebagainya.
            Karbohidrat merupakan sumber kalori utama bagi hampir seluruh penduduk dunia, khususnya bagi penduduk Negara yang sedang berkembang. Walaupun jumlah kalori yang dapat di hasilkanoleh 1 gram karbohidrat hanya 4 kal (kkal) bila di banding protein dan lemak, karbohidrat merupakan sumber kalori yang murah. Selain itu beberapa golongan karbohidrat menghasilkan serat-serat (dietary fiber) yang berguna bagi pencernaan.
            Karbohidrat juga mempunyai peranan penting dalam menentukan karakteristik bahan makanan, misalnya rasa, warna, tekstur dan lain-lain.Sedangkan dalam tubuh, karbohidrat berguna untuk mencegah timbulnya ketosis, pemecahan proteintubuh yang berlebihan, kehilangan mineral, dan berguna untuk membantu metabolism lemak dan protein. Dalam tubuh manusia karbohidrat dapat di bentuk dari beberapa asm aminodan sebagian dati gliserol lemak. Tetapi sebagian besar karbohidrat di peroleh dari bahan makanan yang di makan sehari-hari, terutama bahan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

1.2 Tujuan
1.      Mengetahui adanya larutan polisakarida yang terdapat pada bahan.
2.      Mengetgahui terjadinya kekeruhan (endapan halus/kasar) dan bukan perubahan warna.


1.3 Hipotesis
            Dari percooaan Praktikum Uji Iodium membuktikan bahwa Alium NaOH ditambah iodine larutan terlihat  bewarna bening,Alium HCL  ditambah iodine larutan terlihat bewarna kuning pekat  dan ada juga yang bewarna kuning keruh.Sedangkan Alium Aquades ditambah iodine larutan terlihat bewarna kuning dan kuning keruh.



                                                II.TINJUAN PUSTAKA
          Karbohidrat adalah polihidroksi aldehida atau keton dengan rumus empirik (CH2O)n, dapat diubah menjadi aldehida dan keton dengan cara hidrolisis, disusun oleh dua sampai delapan monosakarida yang dirujuk sebagai oligosakarida. Karbohidrat tersebar luas baik dalam jaringan hewan maupun jaringan tumbuh-tumbuhan. Dalam tumbuh-tumbuhan, karbohidrat dihasilkan oleh fotosintesis dan mencakup selulosa serta pati. Pada jaringan hewan, karbohidrat berbentuk glukosa dan glikogen. Fungsi karbohidrat yaitu, untuk sumber energi, pemanis pada makanan, penghemat protein, pengatur metabolisme lemak, penawar racun, baik untuk yang terkena konstipasi (sembelit), dan masih banyak lagi manfaat-manfaat.
                        Pada umumnya karbohidrat merupakan zat padat berwarna putih yang sukar larut dalam pelarut organik tetapi larut dalam air (kecuali beberapa polisakarida). Karbohidrat dibagi dalam tiga golongan yaitu :

1. Monosakarida; adalah karbohidrat yang tidak dapat dihidrolisis menjadi bentuk yang lebih sederhana lagi, dapat dibedakan berdasarkan banyaknya atom C pada molekulnya, dan gugus aldehid atau keton yang dikandung berubah menjadi aldosa dan ketosa. Monosakarida merupakan gula sederhana yang memiliki satu atom karbon asimetrik, contoh : glukosa, galaktosa, fruktosa, manosa, dan ribosa.
2. Oligosakarida; adalah karbohidrat yang tersusun dari dua sampai sepuluh molekul monosakarida yang digabungkan oleh ikatan kovalen. Biasanya dikenal dengan disakarida, contoh : maltosa, laktosa, dan sukrosa.
3. Polisakarida; adalah karbohidrat yang mengandung lebih dari sepuluh monosakarida yang berikatan. Bila dihidrolisis dapat menghasilkan lebih dari 6 molekul monosakarida, contoh : glikogen dan amilum (pati) merupakan polimer glukosa. Berfungsi untuk penyimpanan karbohidrat. (Nikku, 2011)
                        Karbohidrat adalah polihidroksildehida & keton polihidroksil atau turunannya. selian itu, ia juga disusun oleh dua sampai delapan monosakarida yg dirujuk sebagai oligosakarida. Karbohidrat mmpunyai rumus umum Cn(H2O)n. Rumus itu membuat para ahli kimia zaman dahulu menganggap karbohidrat adalah hidrat dari karbon.Salah satu contoh karbohidrat adalah amilum. Amilum merupakan sumber energi utama bagi orang dewasa di seluruh penduduk dunia, terutama di negara seclang berkembang oleh karena di konsumsi sebagai bahan makanan pokok. Disamping bahan pangan kaya akan amilum juga mengandung protein, vitamin, serat dan beberapa zat gizi penting lainnya. Amilum mrupakan karbohidrat dlm bentuk simpanan bagi tumbuh-tumbuhan dlm bentuk granul yang dijumpai pada umbi & akarnya. Menurut sumber umbi-umbian,serealia dan biji-bijian merupakan sumber amilum yang berlimpah ruah oleh karena mudah didapat untuk di konsumsi. Jagung, beras dan gandum kandunan amilumnya lebih dari 70 %, sedangkan pada kacang-kacangan sekitar 40%. (winarno)






















III. METODOLOGI PERCOBAAN

Tempat dan Tanggal Percobaan
                 Praktikum Karbohidrat mengenai uji Iodium ini dilaksanakan di laboratorium Teknologi benih jurusan agroteknologi,fakultas pertanian, Universitas Syiah Kuala,gedung  type A, lantai II. Praktikum dilaksanakan pada hari Senin tanggal 15 Maret  2014 pada pukul 14:00 WIB sampai dengan selesai.

 Alat dan Bahan
A.    Alat
Adapun alat yang digunakan untuk Praktikum Karbohidrat mengenai uji Iodium adalah:
1.      Tabung reaksi
2.      Rak tabung reaksi
3.      Pipet volume
4.      Pipet tetes

B.     Bahan
Adapun alat yang digunakan untuk Praktikum Karbohidrat mengenai uji Iodium adalah:
1.      Aluminium
2.      Aquades
3.      HCL
4.      NaOH
5.      Iodine
 Cara Kerja
a.       Disiapkan 3 tabung reaksi.
b.      Pipet 3 ml aluminium ke dalam tabung reaksi.
c.       Di tambahkan 2 teets air ke dalam tabung reaksi pertama.2 tetes HCL Pada tabung reaksi kedua dan 2 tetes NaOH pada  tabung reaksi ketiga.
d.      Kocok semua tabung.lalu tambahakn 1 tetes larutan iodine ke dalam masing-masing tabung.
e.       Di ulangi percobaan sekali  kali.
f.       Amati perubahan yang terjadi.























IV.HASIL DAN PEMBAHASAN

5.1 Hasil
Percobaan 1
Percobaan pertama pada  Amilum NaOH dan iodine  larutan menjadi bening,pada Amilum HCL dan iodine larutan bewarna kuning,Amilum Aquades dan iodine  larutan bewarna  kuning lebih keruh.
Percobaan 2
 Percobaan kedua pada Amilum NaOH dan iodine larutan menjadi bening,pada Amilun HCL dan iodine larutan membikti  bewarna kuning pekat,Amilum Aquades dan iodine larutan bewarna kuning.

Percobaan 3
           
Percobaan ketiga Amilum NaOH dan iodine larutan bewarna bening.Amilum HCL dan iodine larutan bewarna kuning pekat.Amilum Aquades  dan iodine larutan bewarna kuning yang lebih keruh.

Percobaan 4
Percobaan keempat Amilum NaOH dan iodine larutan bewarna bening.Amilum HCL dan iodine larutan bewarna kuning keruh.Amilum Aquades iodine larutan bewarna kuning.


Percobaan 5
 
Percobaan kelima Amilum NaOH dan iodine larutan bewarna bening.Amilum HCL dan iodine larutan kuning keruh,Amilum Aquades dan iodine larutan kuning.



            5.2 Pembahasan
Dari percobaan diatas membuktikan bahwa amilum NaOH dimasukan kedalam tabung reaksi dan ditambah dengan  1 tetes larutan  iodine menghasilkan larutan berwarna bening hal ini membuktikan bahwa amilum NaOH  membuktikan tidak adanya terdapat kandungan polisakarida.Amilum HCL ditambah dengan 1 tetes larutan iodine menghasilkan larutan bewarna kuning,kuning keruh bahkan ada yang bewarna kuning pekat.Hal ini membuktikan adanya kandungan karbohidrat yang terdapat golongan  polisakarida dalam larutan amilum HCL pada larutan tidak terdapat endapan didalam larutan.Amilum Aquades ditambah dengan 1 tetes larutan iodine menghasilkan larutan yang bewarna kuning,kuning keruh,dan kuning pekat.Hal ini membuktikan bahwa adanya kandungan karbohidrat yang terdapat golongan polisakarida,pada percobaan ini tidak terdapatnya endapan didalam masing-masing larutan setelah di tetesi larutan iodine..




                                    VI.KESIMPULAN DAN SARAN
            6.1 Kesimpulan
                        Dari penjelasan diatas dapat dikesimpulkan bahwa uji iodium adalah:
1.Karbohidrat merupakan golongan polisakarida memberikan reaksi dengan larutan iodine dan memberikan warna spesifik.
2. Semakin pekat perubahan warna pada bahan makanan yang diujikan, semakin besar kandungan polisakarida yang terkandung didalamnya.
3. pati yang larut adalah amilosa, dan pati yang tidak larut adalah amilofektin.
4.Pada msing-masing larutan setelah ditetesi larutan iodine membuktikan tidak terdapatnya endapan.

            6.2 Saran
Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dalam menjalankan praktikum ini diharapkan ke depannya seluruh praktikkan dapat terlibat dalam segala kegiatan praktikum sehingga praktikkan dapat lebih serius dalam mengikuti praktikum.













           
                                                           

DAFTAR PERPUSTAKA
Winarno, FG.Kimia Pangan dan Gizi. PT GRAMEDIA. Jakarta.
Nikku.2010.Uji Identifikasi Karbohidrat. http://nikku92.wordpress.com/2010/11/19/uji   identifikasi-karbohidrat/ ( Diakses tanggal 05 November 2011)
Artikel kimia.2011.Prosedur Identifikasi Amilum dalam Ubi Kayu. http://www.artikelkimia.info/prosedur-identifikasi-amilum-dlm-ubi-kayu 11130427092011. (Diakses pada tanggal 27 September 2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar